Monday 3 September 2018

TRIK JITU LOLOS SELEKSI PROGRAM VOLUNTEER

SEKILAS MENGENAI PROGRAM VOLUNTEER

      Pasti kita sering banget nemuin postingan-postingan open recruitmen program volunteer atau kerelawanan dong, kadang kita bertanya-tanya, ini program apa sih?, kenapa harus ada program ini, bahkan kenapa juga kadang sampai ada seleksi nya?.
      Jadi program volunteer atau kerelawanan adalah program yang biasanya bersifat non-profit dan kemanusiaan dengan harapan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.
      Masing bingung? tak kasih contoh deh, seperti saudara satu negara, ini program volunteer kerelawanan yang tujuannya mengumpulkan pemuda yang potensial untuk mengabdikan diri selama 3-4 hari di malaysia, dengan mengajar anak anak TKI yang sedang membutuhkan motivasi nasionalisme di seberang sana. Atau seperti kelas Inspirasi yakni program kerelawanan yang bertujuan untuk mengumpulkan tenaga-tenaga profesional seperti arsitek, dokter, insinyur dll untuk berbagi motivasi dan cerita pada anak-anak diberbagai daerah untuk turut serta memajukan pendidikan bangsa.
      Nah kenapa kadang ada seleksinya? bahkan malah berbayar? jawabannya sudah jelas dong, karena pastinya penyelenggara akan memilih SDM-SDM yang berkualitas dong, dan berbayar itu untuk menunjang berjalannya program lah tentunya.

TRIK JITU LOLOS PROGRAM VOLUNTEER
     Nah pastinya kita akan bertanya-tanya dong mengenai bagaimana bisa lolos program volunteer nih. di tulisan ini saya akan berbagi nih mengenai pengalaman ku mengikuti seleksi hingga lolos di beberapa program volunteer. apa saja?




  1. IKHLASKAN NIAT


    Sering terlewat, tapi bagiku sih ini paling penting. kenapa? tentu dong agar setiap keringat yang keluar untuk melakukannya bersifat ibadah, hidup cuman sekali bukan?, hehe. dan yang terpenting adalah saat kita tidak lolos tidak begitu terpukul dan saat kita lolos pun tidak sombong.
  2. PAHAMI PROGRAM DAN PENYELENGGARA

    Kenapa harus dipahami? yah tentu dong, masak kita mau mengikuti program yang bahkan kita tidak tahu apa tujuannya. cari tahu dulu programnya dan penyelenggaranya, jika memang baik dan sesuai dengan visi misi anda maka tunggu apa lagi? daftar aja.
  3. CARI TAHU PEDOMANNYA
    Ibarat menuju suatu tujuan, tanpa tahu arah dan jalannya mana bisa kita sampai? oleh karenanya cari tahu pedomannya , ibarat naik gunung, pedoman itu ibarat kompas.
  4. LENGKAPI SYARAT ADMINISTRASI

    Seleksi yang paling awal dilakukan oleh panitia adalah seleksi administrasi, setelah lolos baru ke substansional atau isi. jadi kalau administrasi aja nggak lengkap, ibarat kalah sebelum berperang.
  5. BUAT CV SEMENARIK MUNGKIN
    Kenapa? karena CV itu adalah sarana anda memperkenalkan diri anda pada penyelenggara. bagaimana peyelenggara tahu anda layak untuk di loloskan jika kenal saja tidak, CV lah yang menjelaskan mengenai diri anda sendiri. untuk tips CV menarik bisa googling, dan mungkin saya akan mencoba berbagi tips, kapan? secepatnya, hehe
  6. MOTIVATION LETTER YANG MENARIK
    beberapa program menjadikan motivation letter sebagai syarat, nah jangan buat asal-asalan dong, buat dengan sungguh-sungguh, setelah dibuat mintalah review orang yang pernah lolos atau yang lebih berpengalaman dari anda.
  7. BELAJAR INTERVIEW

    jika memang anda lolos pada tahap administrasi, biasanya akan memasuki seleksi wawancara atau interview. anda harus melakukan simulasi interview lah, memperkirakan apa aja yang akan ditanyakan oleh penyelenggara, dan mencoba menjawabnya, agar tidak kesusahan saat interview.
  8. DOA
    Nah yang pualiiiiing penting nih, "DOA", kembali lagi dinomor satu, agar setiap keringat yang kita lakukan dinilai ibadah, hehe
Nah itu tips dari saya, semoga bermanfaat sahabat, jika memang ada kurang nya mohon maaf, apalah daya, saya hanya mahasiswa biasa, saya doakan tulisan ini bermanfaat bagi anda, doakan saya agar bisa mendapat pengalaman-pengalaman baru yang berharga agar tetap bisa berbagi, hehe :D

1 comment:

  1. Peluang lolos untuk orang yang tidak punya pengalaman mengikuti program volunteer gimana kak? Tapi saya ingin banget mengikuti program itu, tp tidak yakin lolos karena tidak pernah punya pengalaman sebelumnya. Apalagi saya merasa saya tidak memiliki prestasi apa apa. Tolong dibantu ya kak, terimakasih

    ReplyDelete