Friday 20 March 2020

TIPS LOLOS PMW UNESA 2020



Dibimbing buka usaha, didanai, terus gk disuruh balikin uang nya.. Kek mimpi banget nggak sih..
Nah kenalin, itu namanya PMW, program mahasiswa wirausaha..

Beberapa hari ini ada beberapa nih yang nanyain
"Kak punya kenalan yang pernah lolos pmw nggak?"
"kak bagi tips trik lolos pmw?"
"gimana sih caranya lolos pmw?"

Nah berubung aku pernah lolos di program tersebut dan kebetulan aku dari UNESA nih, maka aku bakal sedikit cerita gimana caranya lolos di program mahasiswa wirausaha, dan kek nya relate sih meski dipakek di PMW PMW kampus lain, cuman mungkin ada sedikit beda disistematika pengajuannya..

1. TATA NIAT



Penting banget nih sahabat.. ini modal awal buat nentuin arah gerak kamu kedepan, maksudnya di PMW ini. Berubung masih abstrak nih masalah niat, aku bakal bagi dua perspektif niat disini. 1) pertama pada kuat dan lemah niat (tekad) mu, semakin kuat niat mu, semakin keras usaha yang kamu lakuin, sebaliknya jika semakin lemah niat kamu, semakin lemah juga usaha mu. 2) nah kedua tentang perspektif niat nya buat cari apa di PMW, ada yang niatnya cuman cari uang, ada yang niat cari ilmu, ada juga yang level tertinggi bener bener niat bukak usaha. kalau kamu udah di level tertinggi sih PMW cuman jadi alat, didanai atau enggak kamu bakal tetep bukak usaha. But over all, apapun sih niat mu di PMW buat lah bangga UNESA dan seisinya dengan karyamu. tapi keyaknya bahasaku diatas kek bahasa ilmiah banget, wkwkwk intinya nata niat lah di awal, niat yang kuat dan bagus

2. KEEP ON THE RIGHT TRACK

Kalau kamu mau lolos dan didanai, maka berada dijalan yang benar hukumnya wajib sahabat !!! Ikuti pedoman, cari tahu sistematikanya terus samain, tanggalnya juga jangan lupa, kumpulkan disaat yang tepat, percuma dong punya ide bagus tapi formatnya aja salah kan? pasti gk didanain, percuma juga kalau formatnya bener tapi ngumpulinnya telat, jadi intinya "KEEP ON THE RIGHT TRACK".
nah untuk pmw unesa di sini  nih web resmi nya https://pmw.unesa.ac.id/
untuk pedoman bisa cari di sini https://drive.google.com/file/d/1sYAkvMf1srR_cpmdEQ2rtbSrvWxQYZ8I/view
nah ini untuk panduan pendaftaran https://drive.google.com/file/d/1Qdi9JMTIFsc0memM3IVT68vQouubetuL/view
dan terakhir ini format proposalnya https://drive.google.com/file/d/1NM6GvAE2QqZCKDk_21XTSM70I9LG5met/view

3. BACA

Kek e poin nomer dua tadi bakal jadi poin yang hanya lewat deh, atau dianggap nggak seberapa penting, jadi berubung di sini aku cuman bagi tips dantrik bukan lagi sosialisasi, maka aku nggak bakal banyak njelasi alur pendaftarannya karena udah ada di link di point nomer dua yang tadi aku sampaikan. tapi beneran deh, BACA menjadi hal yangsangat penting, jadi kalau kamu udah bener bener ngerasa niat, jangan lupa pedoman, formas dan panduan dibaca dengan seksama yah..

4. IDE YANG KOMPETITIF

Nah yang keempat tuh ide, penting ini kalau mau lolos.. kamu bakal ketemu puluhan bahkan ratusan pendaftar PMW, kalau kamu udah baca pedoman dan panduan, mbuat proposal yang bener, tepat waktu, tapi idemu nggak kompetitif, mentok kamu bakal lolos sampek tahap presentasi.. JAdi ide yang kompetitif itu yang kayak gimana? yang unik tapi aplicable.. maksudnya? unik tapi potensial dijalankan.. contoh nih somay semanggi, unik dan memungkinkan kan? kalau aku dulu RU GIFT : Romantic and Uniq gift.. judulnya keren nggak? wkwk padahal sebenere nggak wah banget, cuman kalau kalian tahu exploding box, nah aku dulu buat gitu, cuman karena 1 2 hal usaha kami nggak jalan.

5. KONSULTASI

Nah ini juga puenting banget sahabat, jadi kalau kamu bener bener niat, aku saranin cari senior yang jago banget di bidang ini apalagi yang pernah lolos, kedua cari dospem yang jago juga.. jadi nanti dari tahap ide sampek finishing kamu perlu konsultasi ke mereka, biar banyak di kasih masukan sih, karena aku yakin dengan penambahan penambahan dari mereka proposal kita bakal bisa lebih sempurna.

6. BERDOA
Nah terakhir tapi utama nih, jangan lupa berdoa, apa lagi minta doa restu orang tua, kalau kata guruku sih "Teruslah minta doa orang lain untuk hal kebaikan, karena kita tidak akan pernah tahu dari bibir mana doa baik tentang kita akan dikabulkan"

Nah terakhir sebelum aku tutup sih, aku bagi juga file proposal ku dulu yang lolos di danai juga

https://drive.google.com/file/d/1dPMaqbq3lKJJUeBFSg1MtjuAvnMknXup/view?usp=sharing

semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian
Lokasi: Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment