Friday 2 August 2019

Hukuman tertinggi bagi seorang hamba

"Eh, Hatiku loh gk tenang habis marahin dia", "Aku kok jafi ngerasa bersalah yah habis memukulnya", "Aku salah gk sih ambil uang ini? ", "Apa ya harus kayak gini yg kulakukan? "..

Sekilas contoh nih rasa bersalah yang pasti pernah kita alamin.  Iya gk sih?..  Pasti tiap dari kita pernah ngalamin rasa bersalah,  habis ngentit(ngambil) uang kembalian belanja ibu,  habis selingkuhin doi,  habis marahin orang,  atau kesalahan kesalahan kecil lainnya bahkan kesalahan besar sih.

Pernah mikir nggak sih kalau itu adalah hukuman hati,  jadi kita salah,  terus dihukum pakek rasa bersalah..

Eits,  kawan coba kita pikir lagi,  apa bener tuh sebagai hukuman?
Kek nya enggak kawan,  itu peringatan dan teguran.. Rasa bersalah yang timbul dari hati nurani adalah wujud kasih sayang dari tuhan..

Kita ngelakuin salah,  beruju ngerasa bersalah..  Ngelakuin lagi,  ngerasa salah lagi..  Ngelakuin lagi,  ngerasa salah lagi..

Kenapa dibuat seperti itu?

Kalau kita tengok dasar teori nya mah bisa di lihat di teori filsafat moral pada buku yang di tulis smith dengan judul The theory of moral sentiments (1759), bahwa "manusia adalah Homo moralis,  yakni dengan sifat cinta diri,  namun juga baik hati,  memiliki sifat religius,  sentimen,  lega dan bahagia. dan setiap orang punya tingkatan yang berbeda, dan perlu pengendalian diri untuk itu"..


Apa hubungannya sahabat dengan teori homo moralis?
Intinya nih,  dengan bawaan akal dan bawaan homo moralis menggiring kita ke rasa bersalah ketika ngelakuin salah..

Eits,  kembali ke topik kita,  lantas apa hukuman tertinggi bagi seorang hamba?
Hukuman tertinggi bagi seorang hamba adalah ketika dicabut rasa bersalah dalam diri kita saat melakukan kesalahan,  dan hal itu menjadi hal yang biasa..  Bukan kah kita seyogyanya menjadi seorabg homo moralis?

Semoga tuhan senantiasa menjaga hati nurani dan rasa bersalah yang kita miliki

0 komentar:

Post a Comment